19 Desember 2008

Kapal Kargo Tenaga Matahari Milik Jepang Akhirnya Melaut



TOKYO - Kapal kargo pertama di dunia yang dijalankan dengan tenaga matahari berhasil berlayar untuk pertama kalinya di Jepang.

Kapal pengangkut barang ini merupakan salah satu kesuksesan China dalam mengembangkan tenaga matahari yang akan menjadi alternatif bahan bakar minyak dan mengurangi dampak global warming akibat polusi karbon yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.

Kapal dengan nama Auriga Leader ini dikembangkan oleh dua perusahaan besar, yaitu perusahaan penerbangan Nippon Yusen KK dan distributor oli Nippon Oil Corp. Kapal ini berhasil diberangkatkan dari galangan kapal di Kobe.

Pengangkut barang super besar ini dilengkapi dengan sekira 328 panel solar dengan dana USD1,68 juta dan memiliki kemampuan membawa 6.400 kendaraan. Kapal ini nantinya akan mengantarkan produk-produk milik Toyota Motor Corp yang akan di jual ke luar Jepang.

"Ini merupakan kapal kargo pertama di dunia yang dilengkapi dengan panel solar. Berat kapal ini sekira 60,213 ton dan panjang 660 kaki," ujar juru bicara Nippon Oil seperti dikutip melalui AFP, Jumat (19/12/2008).

Sistem tenaga matahari yang terdapat dalam Auriga Leader mampu menghasilkan sekira 40 kilowat energi listrik. atau hanya sekira 0,2 persen dari konsumsi energi yang dibutuhkan Auriga secara keseluruhan. Namun kedua perusahaan yakin, mereka bisa menambahkan potensi yang ada dalam panel solar tersebut. (srn)

sumber : techno.okezone.com

Tidak ada komentar: